SMAN 1 BATUJAJAR

Artikel

SMA Negeri 1 Batujajar

Si Dilan: Inovasi Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Bandung Barat

Si Dilan adalah sistem layanan online yang menyediakan berbagai jenis layanan kependudukan dan pencatatan sipil. Dalam masa pandemi, pemerintah Kabupaten Bandung Barat telah melakukan upaya untuk mengurangi pelayanan tatap muka dan mempercepat proses pelayanan dengan memanfaatkan teknologi.

Menurut Plt. Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, efektivitas Si Dilan selama dua tahun pandemi telah berhasil meningkatkan persentase pelayanan KTP wajib hingga 100%, sedangkan untuk e-KTP mencapai 99%. Hal ini terutama didominasi oleh kalangan muda yang lebih familiar dengan penggunaan handphone.

Terdapat 18 jenis layanan yang tersedia di Si Dilan, yang semuanya dapat diakses secara online. Selama masa pandemi, pemerintah Kabupaten Bandung Barat juga menyediakan layanan antar langsung oleh Si Layung, serta layanan Jebol Darling, yang membantu masyarakat dalam proses pengurusan kependudukan dan pencatatan sipil.

Kadis Disdukcapil DRS. H. Hendra Trismayadi, M.Si, menyatakan bahwa Si Dilan dan layanan yang terkait dengan sistem ini memberikan kemudahan bagi masyarakat, terutama dalam masa pandemi. Selain itu, pemerintah Kabupaten Bandung Barat juga melakukan upaya sosialisasi Si Dilan kepada masyarakat, salah satunya dengan mengunjungi SMA Negeri 1 Batujajar.

Dalam kunjungan tersebut, pemerintah Kabupaten Bandung Barat memberikan edukasi dan sosialisasi tentang penggunaan Si Dilan kepada siswa SMA Negeri 1 Batujajar. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan Si Dilan di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan siswa dan generasi muda.

Dalam era digital yang semakin maju ini, inovasi layanan seperti Si Dilan sangat penting untuk mempermudah dan mempercepat proses pengurusan kependudukan dan pencatatan sipil. Dengan terus dilakukannya sosialisasi dan edukasi tentang penggunaan Si Dilan, diharapkan masyarakat semakin mudah dan cepat dalam mengakses layanan kependudukan dan pencatatan sipil yang dibutuhkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *